Yayasan Permata Nusantara Al-Azhaar
Selamat Datang Di Pondok Pesantren Al-Azhaar Virtual Berbasis ICT

Google merilis sebuah program pendidikan yang dirancang untuk membantu anak-anak mempelajari tentang phishing, password, pelecehan di internet, hoax, dan isu-isu keamanan berinternet lainnya.

Di dalam program bernama “Be Internet Awesome” ini, Google juga menyisipkan kurikulum untuk kelas serta video gim bernama Interland. Mengutip laman The Verge, Rabu¬†(7/6/2017), program ini dikembangkan oleh berbagai pihak, baik Google, guru, videografer YouTube, hingga organisasi keamanan internet.

Program ini juga tersedia secara gratis dan diunduh secara online. Meski ditujukan untuk anak-anak, program ini memiliki topik yang relevan untuk semua usia.

Beberapa pokok bahasan dari program ini, di antaranya adalah cara membatasi informasi-informasi yang dibagikan secara online, menghindari penipuan serangan phishing, membuat password yang kuat hingga menghindari berbagai perilaku negatif secara online.

Google menyebut, program ini telah sesuai dengan standar International Society for Technology in Education yang ditujukan untuk mempromosikan keterampilan cerdas dalam menggunakan teknologi.

Topik-topik di atas diajarkan dalam bentuk kuis, aktivitas bermain peran, dan berbagai latihan abstrak lainnya. Misalnya saja untuk modul “Berbagi dengan Aman” anak bisa belajar dari profil media sosial orangtua dan orang-orang dewasa di sekitarnya.

Kemudian, modul “Don’t Fall for Fake/ hoax” mereka bisa menentukan apakah sebuah laman internet menyajikan informasi asli. Begitu juga dengan video gim yang memberikan berbagai pengajaran dengan cara menyenangkan.

sumber: http://tekno.liputan6.com/read/2981012/google-kembangkan-program-pendidikan-berinternet-aman-untuk-anak?source=search

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *